Sabtu, 18 Juni 2011

Bayam Merah Banyak Manfaat.......

Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal bayam. Sayuran yang banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia ini memiliki tiga varietas yang berbeda. Bayam Hijau Biasa, Bayam Merah (Blitum Rubrum) yang batang dan daunnya berwarna merah dan Bayam Putih (Blitum album) yang batang dan daunnya berwarna hijau keputih-putihan. Namun, perlu di ketahui bahwa ada pula jenis bayam duri, bayam kakap, bayam kotok atau tanah. 
Di Indonesia, bayam banyak tumbuh di daerah panas dan dingin. Namun, yang paling subur adalah bayam di dataran rendah pada lahan terbuka dengan suhu atau udara agak panas. Akan tetapi, sayuran yang berasal dari Amerika ini telah tersebar di daerah tropis dan sub tropis di seluruh dunia.
Dari ketiga jenis bayam, bayam merah yang tumbuh bercabang dengan batang lemah dan berair memiliki banyak manfaat. Selain sebagai sayuran pelengkap juga dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Berkhasiat sebagai obat disentri, melancarkan proses buang air besar, dan meningkatkan kadar besi serum, hemoglobin, serta hematokrit kelinci yang dibuat anemia secara nyata.
"Khasiat bayam merah di peroleh dari kandungan protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin, dan vitamin (A,B,C) yang dimilikinya," kata Agussalim.
Menurut Dokter yang selama empat setengah tahun kuliah di Jepang ini, banyak yang harus diperhatikan bagi pengkonsumsi bayam. Untuk pengobatan, bayam merah dianggap lebih berkhasiat daripada bayam hijau. Namun, bagi para penderita kadar asam urat darah yang cukup tinggi dan rematik gout dilarang mengkonsumsi bayam terlalu banyak karena mengandung purin yang cukup tinggi. Sementara tubuh memetabolisir purin menjadi asam urat.


Sumber : Harian Fajar, 18 Juni 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

TIPS n TRICK Blak Magik is Designed by magic dream for smashing magazine Bloggerized by Arya
Distributed by Deluxe Templates © 2008